Pamekasan Meraih Juara III Bidang KPP pada Peringatan Harkannas ke-5 Tahun 2018

Pamekasan Meraih Juara III Bidang KPP pada Peringatan Harkannas ke-5 Tahun 2018

Print Friendly, PDF & Email

Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-5 dan Pertemuan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Jatim Tahun 2018 dilaksanakan di Hotel Dyandra Convention Hall Surabaya, hari Kamis tanggal 15 November 2018.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Forikan Jatim Ibu Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si S dan Ketua Forikan Indonesia Dr. Djoko Maryono, SpPD, SpJP, FIHA, FACC. Kegiatan Harkannas ke-5 ini dihadiri sekitar 500 undangan terdiri dari Kepala Dinas Perikanan se-Jatim, Kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, dan TP PKK Kabupaten/Kota se Jatim. Dalam sambutannya, Bu De Karwo mengatakan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat Jawa Timur saat ini mencapai 34,62 kg per kapita/tahun. Jumlah tersebut meningkat 100 persen lebih jika dibandingkan tahun 2010 yang hanya mencapai 16 kg per kapita/tahun. Mengingat pentingnya mengkonsumsi ikan tersebut, beliau juga berpesan kepada pemerintah, ketua Forikan kabupaten/kota, dan masyarakat se-Jatim untuk terus mengkampanyekan mengkonsumsi hewan yang bergizi tinggi. “Jangan pernah surut untuk menggelorakan makan ikan ya. Manfaatnya sangat baik untuk kelangsungan hidup kita,” pesannya. Sementara Ketua Forikan Indonesia Dr. Djoko Maryono, SpPD, SpJP, FIHA, FACC mengatakan, “meningkatkan konsumsi ikan menjadi salah satu langkah penting guna mencerdaskan generasi penerus bangsa. Sebaliknya, jika kurang gizi, maka bisa jadi beban masyarakat, dan beban bagi negara,” katanya.

Dalam kesempatan ini, beberapa penghargaan diberikan kepada Dinas Perikanan Kabupaten/Kota dan kelompok masyarakat atas peran aktifnya dalam mendukung program pembangunan kelautan dan perikanan di Jatim. Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan meraih juara III untuk kategori KPP (bidang Kelautan Pesisir dan Pengawasan). Kriteria penilaian berdasarkan pada peran aktif Dinas Kabupaten/Kota dalam mendukung program DKP Provinsi ; sinergi kegiatan Kab/Kota dengan kegiatan Provinsi; dukungan alokasi anggaran daerah untuk program kelautan dan perikanan serta peran aktif daerah dalam pembinaan/pemberdayaan masyarakat/pelaku usaha perikanan. Penilaian dilaksanakan selama dua tahun. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan berharap tahun depan ada peningkatan upaya untuk meningkatkan prestasi dalam mendukung program kelautan dan perikanan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.