Penyediaan Calon Induk Unggul Beserta Pakan Calon Induk Unggul di BBI 2018

Penyediaan Calon Induk Unggul Beserta Pakan Calon Induk Unggul di BBI 2018

Print Friendly, PDF & Email

Perkembangan usaha budidaya ikan air tawar di Kabupaten Pamekasan telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan baik dari produksi budidaya maupun peningkatan jumlah pembudidaya. Minat masyarakat untuk menjadikan usaha budidaya air tawar sebagai mata pencaharian mulai meningkat dalam 5 tahun terakhir dan juga diimbangi dengan program – program pengembangan budidaya ikan air tawar yang difasilitasi oleh pemerintah Kabupaten Pamekasan khususnya Dinas Perikanan yang menjadikan peluang investasi dibidang usaha budidaya ikan air tawar di Kabupaten Pamekasan semakin terbuka lebar.

Seiring dengan berkembangnya usaha budidaya ikan air tawar di Kabupaten Pamekasan menyebabkan semakin tinggi pula tingkat permintaan benih yang dibutuhkan. Ketersediaan benih yang bermutu baik dari segi kualitas maupun kuantitas merupakan faktor utama dalam usaha budidaya. Oleh karena itu Balai Benih Ikan yang merupakan salah satu penyuplai/penyedia benih ikan air tawar, harus mampu mengoptimalkan berbagai fasilitas yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pembudidaya.

Balai Benih Ikan (BBI) Teja Timur berada di bawah naungan Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan dengan memiliki luas areal 1,2 Ha yang berlokasi di Desa Teja Timur Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Ketersediaan induk unggul di BBI pada saat ini masih kurang mencukupi untuk menghasilkan produksi benih yang bermutu baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kab. Pamekasan melalui Bidang Pemberdayaan Pembudidayaan Ikan adalah melakukan kegiatan penyediaan calon induk unggul beserta pakan calon induk unggul di BBI Teja Timur dengan harapan dapat meningkatan produksi benih ikan air tawar yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup dan kontinyu dalam mendukung pengembangan produksi perikanan sebagai bagian dari program pelayanan masyarakat/pembudidaya. Adapun uraian/rincian kegiatan tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

NoNama KegiatanJenis BarangVolumeSatuanIsi per PaketKet.
1.Penyediaan calon induk unggul beserta pakan calon induk unggul di BBIInduk lele Masamo14 paket
4 jantan, 7 betinamemiliki SKA
Induk lele Mutiara15 paket
5 jantan, 10 betina memiliki SKA
Induk Sangkuriang jilid II14 paket 6 jantan, 10 betina memiliki SKA
Induk Nila Merah10 paket 1 jantan, 5 betina memiliki SKA
Induk Nila Gesit10 paket 1 jantan, 5 betina memiliki SKA
Induk Mas15 paket 1 jantan, 1 betina memiliki SKA
Induk Gurame14 paket 1 jantan, 3 betina memiliki SKA
Induk Koi14 paket 1 jantan, 2 betina memiliki SKA
Induk Bawal12 paket 2 jantan, 4 betina memiliki SKA
Induk Tawes12paket1 jantan, 5 betina memiliki SKA
Pakan Besar
35zak
Pakan Kecil52zak

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.