Bantuan Alat Safety Rescue TA. 2014

Bantuan Alat Safety Rescue TA. 2014

Print Friendly, PDF & Email

Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu kabupaten di wilayah Madura yang mempunyai potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang cukup melimpah, yang terdapat dikawasan pesisir pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Selat Madura dan pesisir pantai utara yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Pamekasan memiliki jumlah desa sebanyak 189 desa, sedangkan yang berpesisir sebanyak 25 desa. Jumlah penduduk Kabupaten Pamekasan sebanyak 739.923 orang, dan yang hidup dengan mata pencaharian sebagai nelayan sebanyak 12.580 orang. Luas Kabupaten Pamekasan 792 km2 sedangkan luas daerah pesisir di Kabupaten Pamekasan sebesar 58 km2. Potensi ekonomi perikanan Kabupaten Pamekasan setiap tahunnya cukup besar. Sumber daya alam dan keanekaragaman hayati tersebut perlu dikelola secara terpadu dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dan berkelanjutan. Keselamatan para nelayan setiap melakukan penangkapan di laut lepas sangat penting sekali untuk diperhatikan, hal ini untuk menyelamatkan jiwa para nelayan ditengah kemungkinan resiko yang harus ditangggung dalam kegiatan penangkapan ikan di laut lepas.

Untuk meminimalisir faktor resiko tersebut perlu adanya penyediaan alat keselamatan berlayar bagi para nelayan yang mana pada umumnya para nelayan masih banyak yang belum melengkapi alat keselamatan berlayar di waktu menangkap ikan di laut.

Adapun barang tersebut teralokasi bagi para ABK Pemilik kapal penangkap ikan berupa 160 ring buoy dan 800 life jaket yang tersebar bagi nelayan pesisir selatan Kabupaten Pamekasan meli[uti Kecamatan Tlanakan, Pademawu, Galis dan Larangan (Daftar alokasi tersaji dalam tabel).

Download (PDF, 16KB)

Tinggalkan komentar