Bimtek Budidaya Cacing Sutera Tahun Anggaran 2017

Bimtek Budidaya Cacing Sutera Tahun Anggaran 2017

Print Friendly, PDF & Email

Usaha budidaya cacing sutera terkesan remeh dan menjijikkan. Namun dibalik itu semua tersibak prospek bisnis yang sangat menggiurkan. Tak ayal, acara bimtek budidaya cacing sutera yang digelar oleh dinas perikanan Kabupaten Pamekasan, tanggal 19 – 20 Juli 2017 yang bertujuan untuk menggenjot penyediaan benih ikan khususnya benih lele di masyarakat serta semakin bermunculannya para pembenih ikan rakyat, khususnya di Kabupaten Pamekasan, mendapatkan atensi yang luar biasa dari para audien. Peserta yang berjumlah kurang lebih 200 orang pembudidaya ikan baik yang tergabung dalam Pokdakan maupun yang masih mandiri mencecari pemateri dengan berbagai pertanyaan terkait kendala – kendala yang mungkin dihadapi dan sukses budidaya cacing sutera yang mungkin menghampirinya kelak dikemudian hari.

Selaku pemateri pada kesempatan tersebut, bapak Mukhamad Sori, mewakili Dinas Perikanan dan kelautan provinsi Jawa Timur, mendiskripsikan berbagai teknis dan sistem budidaya cacing sutra dengan detail dan sangat menarik. Diselingi tayangan gambar, photo, dan sedikit kalimat penjelas. Slide demi slide power point tuntas tersampaikan.
Pemateri menegaskan agar pembudidaya lebih kreatif memanfaatkan lahan yang dimiliki dan berani mencoba berbagai media budidaya serta sistem budidaya yang bervariatif sehingga usaha budidaya cacing dapat benar – benar berbuah sukses. Sebagai praktisi budidaya dan telah lama berkecimpung di UPT PTBP2KP Kepanjen Kab.Malang, Mukhamad Sori mampu menjawab dengan lancar semua pertanyaan dan tak lupa pula menyelipkan trik – trik solutif terhadap setiap keluhan yang disampaikan peserta pada sesi – sesi tanya jawab.

Acara yang terselenggara di dua lokasi berbeda tersebut, tepatnya di BBI Teja Timur dan di sekretariat Pokdakan Al – Falah, desa lebbek, kecamatan Pakong dipungkasi dengan kegiatan praktek pembuatan media budidaya dengan menggunakan sistem budidaya yang berbeda. Sistem Rak bertingkat di bbi, sistem saluran dengan menggunakan kolam terpal di pakong. Sistem Saluran berkelok model U di Pokdakan Pelangi Desa Tampojung tenggina Kec. Waru, Sistem saluran di sepanjang kolam pemeliharaan ikan lele di Pokdakan Istana Sumber Rejeki, Desa Ponjanan Timur Kec. Batumarmar.

BINTEK BUDIDAYA CACING SUTERA DI SEKRETARIAT POKDAKAN AL FALAH DESA LEBBEK KEC.PAKONG

   

BINTEK BUDIDAYA CACING SUTERA DI UPTD BBI TEJA TIMUR

     

Tinggalkan komentar