Bimtek Budidaya Ikan dalam Ember-Mini Aquaponik 2020

Kegiatan Pengembangan Budidaya Air Tawar Untuk Penambuhan Wirausaha Baru Tahun 2020

Dalam rangka mendukung salah satu program unggulan Bupati Pamekasan adalah penumbuhan wirausaha baru maka Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan merasa perlu untuk ikut berkontribusi mensukseskan program penumbuhan wirausaha baru dengan memberikan sosialisasi berupa bimbingan teknis cara budidaya ikan lele dengan media ember (Budikdamber) kepada wirausaha baru di Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan pengembangan budididaya air tawar untuk penumbuhan wirausaha baru ini merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung ketahanan pangan guna memenuhi kebutuhan gizi dan menambah penghasilan ekonomi keluarga.

Kegiatan dimaksud diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menumbuhkan wirausaha baru  yang kreatif dan produktif dan meningkatkan produksi perikanan budidaya.

Kegiatan Bimbingan Teknis Budidaya Ikan dalam Ember dengan Mini Akuaponik dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Desember 2020 bertempat di Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan Jl. KH. Wakhid Hasyim No.05 Pamekasan. Peserta kegiatan sebanyak 40 peserta wirausaha baru di Kabupaten Pamekasan.

Acara dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan, Ir. Bambang Prayogi, MM, dan dilanjutkan Pemberian materi oleh narasumber Bapak Riza Rahman Hakim, S.Pi, MSc, Kepala Fish Edupark Program Studi Perikanan Fakultas Perikanan dan Peternakan Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sekaligus Owner dari Ohop.ID 

Narasumber menyampaikan materi tentang budidaya ikan dalam ember dengan Mini Akuaponik dengan Teknologi OHOP yaitu budidaya ikan air tawar ikan lele dengan media ember sekaligus menanam sayur hidroponik yang sangat praktis, tidak perlu tanah dan penyiraman, sayuran dapat terus tumbuh dan dipanen khusus sayur kangkung bisa dipanen 2 minggu sekali.  Bapak Riza juga menjelaskan tentang persiapan media air, menejemen kualitas air dan manjemen pemberian pakan ikan.  Kenggulan teknologi OHOP adalah mudah dan praktis untuk peningkatan ketahanan pangan di Indonesia khususnya di Kabupaten Pamekasan, utamanya untuk terus menambah asupan gizi bagi anggota keluarga, juga tidak tertutup kemungkinan dapat menambah penghasilan keluarga. Acara ditutup dengan penyerahan paket percontohan yang diserahkan secara langsung oleh Plt.Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan Kepada 40 Peserta Bimtek. Adapun paket percontohan yang diberikan kapada masing-masing peserta Wirausaha baru berupa: 2 Paket Kolam Ember Ohop, 100 ekor benih ikan lele, 2 zak pakan ikan, dan peralatan buddidaya (2 bak sortir dan 1seser)

Leave a Reply