Gemar Makan Ikan Paud Al-Kautsar

Gemar Makan Ikan bersama Paud Al-Kautsar Ds Plakpak Kec Pegantenan 2019

Acara Gemarikan merupakan salah satu kegiatan Promosi Produk Unggulan Perikanan. Setelah acara Gemarikan berlangsung di Pondok Pesantren pada tanggal 14 Februari 2019 bekerjasama dengan DKP Provinsi Jawa Timur, Pada tanggal 11 April 2019, juga berlangsung Acara “Gemar Makan Ikan” di Kecamatan Pagentenan bekerjasama dengan PAUD AL KAUTSAR.

Sebanyak 135 peserta yang terdiri dari siswa/i PAUD dan para wali murid, ketua yayasan, kepala sekolah, para guru dan tim Gemarikan sejak pagi pukul 07.00 WIB sudah hadir di lokasi acara. Acara “Gemar Makan Ikan“ bersama PAUD AL KAUTSAR sejatinya merupakan inisiasi dari pihak sekolah tersebut untuk memperingati kegiatan akhir tahun PAUD AL KAUTSAR dengan mengirimkan proposal kerjasama kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan pada Akhir Maret 2019. Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan melalui Bidang Pelayanan Usaha Perikanan dan Kelembagaan yang memiliki tugas menyebarkan informasi tentang Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) sangat mendukung usulan proposal tersebut dan siap bekerjasama dengan pihak sekolah dengan memberikan beberapa pelayanan Gemarikan untuk mendukung acara tersebut.

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan sambutan dari ketua yayasan PAUD AL KAUTSAR. Dalam sambutannya, ketua yayasan menjelaskan bahwa acara “Gemar Makan Ikan” merupakan rangkaian acara akhir tahun Sekolah, yang beberapa hari sebelumnya telah dilaksanakan beberapa acara termasuk makan ikan bakar besama–bersama dilapangan dekat sekolah. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan atas kerjasama dan partisipasinya untuk mensukseskan acara tersebut. Ketua yayasan juga berkomitmen untuk terus mengupayakan agar para siswa/i nya gemar makan ikan melalui berbagai kegiatan. Sedangkan dari Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan yang diwakili oleh Bapak Syakur dan Bidang Pelayanan Usaha Perikanan dan Kelembagaan mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mendukung program Gemarikan yang memang sudah dicanangkan setiap tahun, serta berharap agar kegiatan gemar makan ikan dapat ditingkatkan dan disebarkan kepada masyarakat sekitar.

Senam Gemarikan Paud Al Kautsar
Siswa/i PAUD Al-Kautsar senam Gemari

Acara “Gemar Makan Ikan” bersama PAUD AL KAUTSAR dimeriahkan dengan senam gemari, demo masak bandeng presto dari pemilik usaha basaraya, serta dongeng ayo makan dan pemberian doorprize selain pemberian materi tentang ikan tentunya dari perwakilan Pokja 3 PKK Kabupaten Pamekasan. Dalam acara tersebut juga diperkenalkan produk-produk berbasis ikan melalui bazar produk perikanan.

PAUD Al-Kautsar: Antusias Mendengarkan Dongeng Gemarikan

Siswa/i termasuk para wali murid dan guru sangat antusias mengikuti acara. Bahkan para wali murid dan para guru diminta untuk mengikuti senam gemari. Para siswa/i  juga diajarkan yel-yel gemarikan agar suasana menjadi lebih semangat. Beberpa doorprize atau hadiah juga diberikan kepada peserta yang dapat menjawab beberapa pertanyaan dari panitia maupun narasumber. Antusiasme juga semakin bertambah pada saat sesi dongeng “Akhirnya Andi Suka Makan Ikan”. Para Siswa/i Paud sampai harus berebut naik ke atas panggung untuk mendengarkan dongeng dari para tim gemarikan tersebut. Makna yang tersirat dari dongeng tersebut adalah bahwa ikan sangat baik untuk kesehatan serta dapat diolah menjadi makanan yang lezat jika tepat dalam penanganannya.

Gemarikan 2019 Paud Al Kautsar
Meriahnya Doorprize di Gemarikan PAUD Al-Kautsar

Untuk sesi demo masak bandeng presto, yang paling bersemangat tentunya adalah para ibu ibu wali murid. Ibu Dewi dari Basaraya juga memberikan tips dan trik cara mengolah bandeng presto, serta membagikan hasil olahan bandeng presto yang sudah diolah dan digoreng kepada peserta. Sedangkan dalam materinya, Tim Pokja 3 PKK Kabupaten Pamekasan melalui Ibu Ida menjelaskan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan, seperti asam lemak essensial dan protein yang dapat diserap oleh tubuh.

Leave a Reply