GISEL MAMAKU (Gerakan Istri Nelayan Maju Mandiri Kreatif dan Unggul)

Sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Pamekasan memiliki peran cukup besar dalam menopang pembangunan perekonomian masyarakat, yang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Madura dengan 6 (enam) wilayah pesisir dengan panjang pantai 57,85 Km yang menunjang kebutuhan perikanan hasil tangkapan ikan, budidaya maupun olahan perikanan, serta 7 (tujuh) wilayah non pesisir yang memiliki potensi besar untuk pengembangan budidaya ikan, maka peluang usaha pengembangan ekonomi perikanan di Kabupaten Pamekasan masih terbuka luas.

Sebagai Kabupaten yang memiliki 2 (dua) perairan, yaitu Selat Madura yang terletak di wilayah selatan dan Laut Jawa di pesisir utara, sudah selayaknya sektor perikanan dan kelautan dapat menjadi parameter dalam pengembangan usaha masyarakat, khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Pamekasan.Namun pada  kenyataannya masyarakat khususnya nelayan belum bisa dikatakan hidup sejahtera masih banyak nelayan yang berada di bawah garis kemiskinan

Berbicara tentang nelayan, maka yang akan terlintas dalam pemikiran kita adalah kaum lelaki yang seluruh hidupnya berjuang menghadapi ganasnya gelombang besar atau dahsyatnya angin kencang untuk memperoleh hasil tangkapannya di laut. Kaum perempuan seakan alpa dalam lapangan pekerjaan ini. Kaum perempuan dianggap hanya mampu sebagai ibu rumah tangga kaum nelayan, sebagai isteri atau ibu dari anak-anaknya dengan tugas utama mengurus rumah tangga. Sementara suami sebagai kepala rumah tangga memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pencari nafkah utama didalam keluarga. Sesuai dengan anggapan umum bahwa perempuan sebagai seorang ibu rumah tangga, ia diwajibkan untuk mengurus anak dan rumah tangga. Kaum perempuan dianggap tabu jika terlalu sering keluar rumah.

Berdasarkan permasalahan diatas maka Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan selaku instansi pemerintah yang menangani urusan di bidang kelautan dan perikanan Kabupaten Pamekasan, meluncurkan inovasi GISEL MAMAKU (Gerakan Istri Nelayan Maju Mandiri Kreatif dan Unggul) sebagai solusi untuk meningkatkan perekonomian keluarga nelayan sehingga masyrakat nelayan menjadi sejahtera.Adapun jenis usaha yang di bina oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan adalah pembuatan Batik Ecoprint.