Hari Nusantara 2023 : Pemkab Pamekasan memperoleh 2 (Dua) Pengharagaan

Senin, 11 Desember 2023. Pemerintah Kabupaten Pamekasan memperoleh 2 (dua) penghargaan di Peringatan Hari Nusantara 2023 di Surabaya. Penghargaan tersebut meliputi Penghargaan Produktivitas Lahan Garam Tertinggi yang diberikan kepada Kugar Bunga Melati Kabupaten Pamekasan dan Pembina Terbaik Penerapan Taat Berijin yang berhasil diraih oleh Bupati Pamekasan.

Hal ini merupakan capaian Dinas Perikanan melalui Bidang Pelayanan Usaha dan Pengawasan dalam upaya memberikan pembinaan dan pendampingan kepada nelayan pemilik kapal, khususnya kapal di bawah 7 GT. Di Tahun 2023, Bidang Pelayanan Usaha dan Pengawasan telah menghasilkan 82 % (persen) kapal nelayan yang telah memiliki dokumen perizinan secara lengkap. Dimana kapal perikanan yang ada di Pamekasan memiliki jumlah 1.543. Dokumen yang telah memiliki kelengkapan perizinan sebanyak 1.265 perizinan yang telah diterbitkan oleh Kantor UPP Kelas II Branta atau Syahbandar Branta Pesisir

Selain itu, Bidang Pelayanan Usaha dan Pengawasan juga melaksanakan pendampingan perizinan untuk dokumen lainnya seperti Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan buku kapal yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Kantor UPP Kelas II Branta.

Sementara itu, melalui Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Pamekasan, Kugar Bunga Melati mampu memproduksi garam dengan jumlah tertinggi di Jawa Timur. Sementara luas lahan hanya 15 hektar dengan jumlah anggota 10 orang, tetapi Kugar Bunga Melati mampu memproduksi garam mencapai 1.870 ton dengan kualitas terbaik dengan kadar NaCI 97.18% (persen) hasil riset Badan Riset dan Standarisasi Surabaya.

Leave a Reply