Lomba Kreasi Masakan Ikan Berbasis Sumberdaya Lokal 2019

Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan menggelar Lomba Kreasi Masakan Ikan Berbasis Sumberdaya Lokal di Pendopo Ronggosukowati hari Kamis, tanggal 27 Juni 2019 yang diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan dan Perwakilan Dharma Wanita. Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019 sehingga Perwakilan HIMPAUDI juga turut diundang.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ibu Hj.Nayla Baddrut Tamam selaku Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua FORIKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Kabupaten Pamekasan didampingi oleh wakil ketua tim penggerak PKK Ibu Yuni Lailatul Raja’e, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan Ibu Ir. Nurul Widiastuti serta ketua Dharma Wanita Ibu Anita Faizah bersama tim. Dalam sambutannya, Ibu Hj. Nayla menyatakan sangat antusias dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan atas terselenggaranya kegiatan tersebut serta mengharapkan agar konsumsi ikan Kabupaten Pamekasan dapat ditingkatkan setiap tahunnya. Berdasarkan data ketersediaan ikan tahun 2018, angka konsumsi ikan Kabupaten Pamekasan sebesar 39,12 Kg/Kpt/tahun. Sedangkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan menjelaskan pihaknya akan terus berupaya mewujudkan peningkatan konsumsi ikan melalui kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang diselenggarakan setiap tahun.

Metode pelaksanaan lomba dilakukan oleh peserta dengan cara mendisplay masakan (plating) dan pembuatan garnish di lokasi selama 30 menit. Sedangkan masakan disiapkan di rumah. Dari 30 peserta yang diundang, hanya 27 peserta yang mengikuti acara lomba. Peserta yang menyatakan mengundurkan diri adalah TP PKK Kecamatan Batumarmar dan Pasean serta Dharma Wanita Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset. Acara lomba kreasi masakan tersebut dimenangkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan sebagai Juara I dengan menu Tesi Buming (Tenggiri Fantasi Bumbu Kuning), Dinas Kesehatan sebagai Juara II dengan Menu Sosila (Sosis Selimut Langgung) dan Sup Kepal (Kepala Langgung), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman sebagai Juara III dengan menu Puding Ikan Tenggiri serta TP PKK Kecamatan Tlanakan sebagai juara Favorit dengan menu Pastry Ikan yang merupakan pilihan Ketua FORIKAN.

Leave a Reply