Lomba menggambar dan narasi tentang ikan bagi anak sekolah dasar 2017

Lomba menggambar dan narasi tentang ikan bagi anak sekolah dasar 2017

Print Friendly, PDF & Email

Kegiatan membudayakan makan ikan yang merupakan kelanjutan dari Gerakan Masyarakatkan Makan Ikan (gemarikan) merupakan upaya untuk meningkatkan konsumsi makan ikan masyarakat, khususnya untuk anak usia dini. Hal ini mengingat betapa pentingnya manfaat ikan bagi tumbuh kembang anak dari sisi pertumbuhan dan perkembangan otak. Selain mudah dicerna, ikan juga tidak mengandung lemak jenuh sehingga untuk lansia pun sangat bagus. Oleh karena itu, kegiatan membudayakan makan ikan harus terus dilakukan setiap tahun dengan kemasan acara yang bervariasi agar masyarakat tidak hanya terbiasa untuk makan ikan, tetapi juga memiliki rasa keingin tahuan yang cukup besar untk mempelajari ikan itu sendiri, sehingga Kegiatan Membudayakan Makan Ikan pada Tahap pertama dikemas dengan bentuk berbeda dengan memberikan peranan yang lebih besar kepada Ketua TP PKK sekaligus sebagai Ketua Forikan untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut.

Kegiatan Membudayakan Makan Ikan melalui “Lomba Menggambar dan Narasi tentang Ikan bagi Anak Sekolah Dasar” bertujuan untuk menimbulkan rasa kecintaan terhadap ikan serta meningkatkan pengetahuan Anak akan besarnya manfaat ikan.

Sabtu, 9 April 2017, di kantor balai desa Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan lomba menggambar dan mewarnai ikan dengan narasinya dihadiri siswa siswi sebanyak 150 anak perwakilan SDN Blumbungan I, II dan III serta 50 orang undangan ketua dan anggota TP PKK kabupaten, kecamatan dan desa.

Acara dikemas dalam bentuk lomba menggambar dan mewarnai ikan beserta narasinya dimulai pukul 13.00 WIB yang didukung dengan hiburan dan tari-tarian dari perwakilan peserta serta lagu wajib “Ayo Makan Ikan” yang dinyanyikan bersama-sama. Acara berlangsung cukup meriah karena dihadiri oleh Bapak Bupati Pamekasan, dipandu langsung oleh Ibu Anni Syafii selaku Ketua Forikan dan Ketua TP PKK Kabupaten Pamekasan dan didukung serta difasilitasi penuh oleh Ibu Ir. Nurul Widiastuti selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan beserta staf. Meskipun cuaca tidak bersahabat karena pada saat itu terjadi hujan, tidak menyurutkan antusiasme peserta sebanyak 150 siswa/i dari perwailan sekolah sekitar Desa Blumbungan serta 50 undangan dari tim penggerak PKK untuk mengikuti acara hingga selesai. Peserta lomba menggambar dan mewarnai ikan beserta narasinya merupakan perwakilan dari masing masing sekolah sebanyak 30 peserta. Dalam hal ini yang bertindak sebagai juri adalah Ibu Ketua Forikan dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan. Selama kegiatan tersebut, Ibu Anni Syafii beserta Ibu Nurul Widiastuti tampak bersemangat memperhatikan para peserta lomba, sekaligus sambil melakukan wawancara kepada beberapa peserta tentang narasi yang mereka buat untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan mereka tentang ikan sekaligus. Juara dan II dimenangkan oleh SDN Blumbungan 2 sisanya SDN Blumbungan I dan III.