Membuat kolam bundar beton, kini lebih mudah dan cepat

Membuat kolam bundar beton, kini lebih mudah dan cepat

Print Friendly, PDF & Email

Pada hari rabu tanggal 5 oktober 2017, salah satu Pokdakan binaan Dinas Perikanan Pamekasan yaitu Pokdakan Zahara desa Larangan badung Kecamatan Palengaan, berhasil membuat kolam beton bundar dengan menggunakan cetakan  diameter 2,5 meter dan tinggi 1 meter.

Pembuatan kolam bundar menggunakan cetakan, baru pertama kali dilakukan oleh pembudidaya di Pamekasan. Secara teknis pembuatannya sama persis dengan pembuatan buis beton biasa, hanya diameternya saja yang lebih besar.

Pembuatan kolam bundar untuk budidaya lele, menggunakan cetakan buis beton biayanya hampir sama dengan menggunakan susunan bata namun jauh lebih cepat dan hasilnya lebih kuat juga dijamin anti bocor karena sistemnya cor.

Cetakan Buis beton dengan diameter 2,5m tinggi 1m yang digunakan oleh pokdakan Zahara adalah milik Dinas Perikanan Pamekasan, yang memang diperuntukkan bagi pembudidaya yang ingin membuat kolam beton cor bundar. Saat ini Dinas Perikanan memiliki 2 unit cetakan kolam bundar yaitu d= 2,5m dan d= 2m, Tahun depan direncanakan diadakan cetakan kolam bundar dengan d=1,5m t=80cm.

Pengadaan cetakan kolam bundar ini diharapkan dapat memicu minat para pembudidaya yang ingin membudidayakan lele dengan padat tebar tinggi, sekaligus menghemat waktu dan biaya. Untuk lebih jelasnya seperti apa proses pembuatan kolam beton bundar bisa dilihat di video “proses pembuatan kolam beton menggunakan cetakan” dibawah ini.

 

Tinggalkan komentar