Juara Duta Gemarikan Jatim 2019

Pamekasan Meraih Juara Favorit dan Juara 3 Kategori Putra Duta Gemarikan Jawa Timur 2019

Pemilihan Duta Gemarikan di Jawa Timur dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Acara Duta Gemarikan dilaksanakan pertama kali pada tahun 2017 dengan melibatkan 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Pada tahun 2017, kabupaten Pamekasan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan meraih Juara 1 kategori Putri Duta Gemarikan Jawa Timur 2017 atas nama Esza Resky yang pada saat itu merupakan mahasiswi jurusan Budidaya Ikan Universitas Airlangga. Esza Resky merupakan putri daerah Pamekasan yang terkenal cerdas karena juga merupakan Cebbhing 2016.

Pada tahun 2019, pemilihan Duta Gemarikan di Jawa Timur dilaksanakan pada bulan Maret 2019 yang juga melibatkan 38 kabupaten/kota serta melalui jalur kampus/universitas. Berbeda dari tahun sebelumnya dimana peserta dipersilahkan mendaftar sendiri, pendaftaran peserta dari kabupaten/kota maupun universitas pada tahun 2019 harus terdaftar secara resmi melalui Dinas Perikanan kabupaten/kota setempat. Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan mengirimkan satu pasangan dari putra-putri terbaik daerah atas nama Achmad Aldi Faisal dan Agustini Fajariyatiningsih. Keduanya merupakan Kacong Cebbhing Tahun 2017. Dari hasil penjaringan peserta yang masuk. Sebanyak 100 peserta dinyatakan lolos administrasi untuk mengikuti ujian tertulis dan wawancara termasuk wakil kabupaten Pamekasan atas nama Achmad Aldi Faisal, sedangkan Agustini Fajariyatiningsih harus mengundurkan diri dan mengubur mimpinya pada detik-detik penjaringan karena bertepatan dengan ujian evaluasi kampus. Proses penjaringan 20 besar finalis duta gemarikan berlangsung selama dua hari dari tanggal 19 s/d 20 Maret 2019. Dari hasil penjaringan tersebut, wakil kabupaten Pamekasan atas nama Achmad Aldi Faisal berhasil masuk 20 besar finalis duta gemarikan setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat untuk kemudian mengikuti grand final pemilihan duta Gemarikan pada tanggal 21 Maret 2019 di Hotel Harris Surabaya. 20 besar finalis Duta Gemarikan putra dan putri berasal dari Kota Surabaya, Lumajang, Sidoarjo, Banyuwangi, Madiun dan kabupaten Pamekasan. Grand Final dihadiri oleh Dinas Perikanan kabupaten/kota yang lolos 20 besar serta para orang tua peserta 20 finalis. Namun ada beberapa kabupaten/kota yang turut hadir meskipun calonnya tidak lolos. Acara dibuka oleh Kepala Bidang P3KP Ibu Evi Afianasari beserta Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur ibu Riyama mewakili Kepala Dinas yang berhalangan hadir. Acara berlangsung meriah karena didukung oleh hiburan dari tim paduan suara DKP Provinsi serta tarian daerah dari Banyuwangi.

Penyerahan Juara 3 Duta Gemarikan 2019 Provinsi Jawa Timur

.Pada acara Grand Final tersebut, 20 finalis tersebut kemudian diseleksi kembali untuk dipilih 5 besar putra dan putri. 20 finalis dibagi dalam beberapa kelompok untuk kemudian diberikan pertanyaan dari para juri yang berasal dari berbagai elemen kampus. Dari hasil penilaian juri terpilih 5 besar finalis putra dan putri, termasuk kabupaten Pamekasan berhasil masuk 5 besar. Kabupaten lain yang lolos 5 besar berasal dari kota Surabaya, Sidoarjo dan Madiun. Dari 5 besar finalis putra dan putri kemudian diberikan pertanyaan lanjutan untuk menentukan siapa yang pantas untuk menjadi juara. Wakil kabupaten Pamekasan akhirnya berhasil meraih juara 3 Duta Gemarikan Kategori Putra, sedangkan Juara 3 kategori putri diraih oleh kabupaten Madiun. Juara dua kategori putra diraih oleh kabupaten Sidoarjo dan putri dari kota Surabaya. Sedangkan juara 1 Duta Gemarikan kategori putra dan putri dimenangkan oleh kota Surabaya. Meskipun wakil kabupaten Pamekasan Achmad Aldi Faisal tidak berhasil meraih juara 1 Duta Gemarikan 2019, seperti pada Tahun 2017, namun hal yang cukup membanggakan adalah Achmad Aldi Faisal berhasil meraih juara favorit ketegori putra Duta Gemarikan 2019 dengan jumlah viewer 10.000 dan like sebanyak 2.000.

Leave a Reply