Pameran Pembangunan ke-485 Dalam Rangka Promosi Produk Perikanan Tahun 2015

Pameran Pembangunan ke-485 Dalam Rangka Promosi Produk Perikanan Tahun 2015

Print Friendly, PDF & Email

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pamekasan ke 485, Pemkab Kabupaten Pamekasan Menggelar sejumlah acara, salah satunya Pameran Pembangunan pada tanggal 25 – 28 Oktober 2015 dengan tema “Dengan Semangat Hari Jadi Ke -485 Pamekasan kita bangun Kemandirian Ekonomi Berbasis Sumber Daya Lokal Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean”. Kegiatan yang melibatkan seluruh instansi pemerintahan dan para pegiat UKM tersebut dipusatkan di AreK Lancor. Panitia dari Disporabud dalam rapat koordinasi persiapan pameran pembangunan Hari Jadi Pamekasan ke 485, 19 Oktober 2015 menjelaskan bahwa konsep pameran tahun dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan mengelompokkan peserta Pameran berdasarkan kategori dari potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Pamekasan. Dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan dimasukkan dalam kategori Kampung Majangan (Nelayan) bersama SKPD Dispenda, Sekkab, BPPKB, Kecamatan Pademawu dan Kecamatan Tlanakan. Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan bertindak sebagai koordinator sebagai SKPD yang bersinggungan langsung dengan Nelayan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan Ir. Nurul Widiastuti menuturkan bahwa Konsep stand Kampung Majangan dibuat sedemikian rupa dengan mengusung tema rumah nelayan tempo dulu sehingga masyakarat seolah-olah dibawa nuansa kampung nelayan yang sesungguhnya dengan dibuatnya pintu gerbang sebagai pintu masuk kampung majangan.

Di dalam kampung majangan juga ditampilkan Surau untuk cangkruan para tamu serta maskot perahu jukung yang diatasnya ditempatkan 2 manekin orang-orangan menggunakan life jacket dan peralatan safety rescue dengan pesan “Jangan pernah melaut sendirian dan gunakan peralatan lengkap ketika melaut demi keselamatan ABK”. Hal ini menimbulkan antusiasme dan menarik perhatian masyarakat dengan berfoto di depan maskot perahu tersebut. Sedangkan untuk tema isi produk stand SKPD diserahkan kepada SKPD masing-masing. Sesuai dengan tema yang diusung dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka Diskanlut Pamekasan menampilkan produk-produk unggulan olahan hasil Perikanan dan kelautan dengan mutu dan kemasan yang menarik sehingga diharapkan dapat bersaing dengan produk-produk lainnya.

 

Hal ini mendapat respon yang positif dari dari Bupati Pamekasan Bapak Ach. Syafii beserta Ibu dan para Muspida yang mendampingi yang sangat antusias memperhatikan produk-produk yang ditampilkan maupun mendengarkan penjelasan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan Ibu Ir. Nurul Indriastuti. Produk-produk unggulan Perikanan dan Kelautan yang ditampilkan adalah rambak ikan laponte, kripik ikan capung, abon ikan, krupuk tulang lele, nugget lele, terasi bubuk instan, krupuk rajungan, krupuk belida, krupuk tongkol dan teri krispi.

 

Beberapa produk unggulan UKM binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Pamekasan

 

Tinggalkan komentar