Pelaksanaan Gerai Pelangi bersama Penyuluh Perikanan Kabupaten Pamekasan

Gerai Pelangi merupakan Gerai Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Penyuluh Perikanan Satminkal BPPP Banyuwangi yang bertugas di Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitasi kepada pelaku usaha perikanan yang belum tersentuh daerahnya oleh Penyuluh Perikanan Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan Gerai Pelangi telah terlaksana sebanyak 2 kali. Pelaksanaan Gerai Pelangi season I berlokasi di Los Pembibitan Rumput Laut Desa Tanjung pada hari Jum’at ( 01 September 2023) dengan menghadirkan peserta sebanyak 50 orang. Sedangkan, pelaksanaan Gerai Pelangi season II di TPI Desa Branta Pesisir pada hari Jum’at ( 06 Oktober 2023) dengan menghadirkan 70 pelaku usaha perikanan. Pada Gerai Pelangi season II, turut mengundang Kepala Dinas Perikanan beserta para Kepala Bidang untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Penyuluh Perikanan Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan Gerai Pelangi ini melayani pelaku usaha perikanan untuk Pembuatan KUSUKA, Fasilitasi Ijin Usaha (NIB), Permohonan PAS Kecil, Asuransi Jiwa, dan PIRT. Selain itu, Penyuluh Perikanan melalui Kegiatan Gerai Pelangi juga memberikan fasilitasi untuk Pembentukan Kelompok, Akses Permodalan, Akses Pasar, Informasi terkait Teknologi Kelautan dan Perikanan, dan Koperasi. Harapan kedepannya untuk kegiatan Gerai Pelangi ini dapat dilaksanakan di wilayah yang memiliki potensi perikanan namun belum tersentuh oleh Penyuluh Perikanan Kabupaten Pamekasan.

Leave a Reply