Pelatihan Pembuatan Probiotik Bagi Pembudidaya Ikan Di Desa Tampojung Tenggina Kecamatan Waru 2016

Pelatihan Pembuatan Probiotik Bagi Pembudidaya Ikan Di Desa Tampojung Tenggina Kecamatan Waru 2016

Print Friendly, PDF & Email

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan menggelar Pelatihan Pembuatan Probiotik untuk budidaya ikan pada hari selasa 24 Agustus 2016 kmaren, pelatihan tersebut berupa pembekalan mengenai definisi dan manfaat probiotik untuk budidaya ikan disertai praktek pembuatannya secara langsung. Acara bertempat di Sekretariat pokdakan pelangi Desa Tampojung Tenggina Kecamatan Waru. Para peserta pelatihan adalah 40 orang pembudidaya lele yan tergabung dalam Paguyuban Pembudidaya Lele “all pantura”.

Acara tersebut digelar untuk merespon permintaan pembudidaya ikan yang ingin dilatih membuat probiotik untuk ikan (probiofish), mereka menginginkan pelatihan yang diberikan tidak hanya sekedar teori akan tetapi juga disertai dengan praktek. Selain itu pelatihan pembuatan probiotik bagi pembudidaya ikan juga ditujukan untuk mengatasi permasalahan biaya pakan ikan yang semakin melambung tinggi dan mengantisipasi minimnya air di musim kemarau, karena probiotik dipercaya mampu untuk mengurai sisa kotoran ikan  menjadi makanan.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok telah diberikan panduan (brosur) cara pembuatan, peralatan dan bahan seperti panci ukuran besar, tungku, tetes tebu, starter,rempah-rempah, dedak halus dll. Praktek pembuatan probiofish berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Masing-masing peserta diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam setiap tahapan pembuatan agar lebih mudah dipahami.

Pelatihan pembuatan probiofish ini sejalan dengan arahan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan yang menginginkan adanya pemberdayaan pelaku usaha perikanan melalui peningkatan kualitas SDM. Oleh karena itu beliau berharap agar setelah memiliki bekal keterampilan membuat probiotik, peserta pelatihan dapat membuat probiotik sendiri bahkan bisa menjadikannya sebagai ladang usaha, sehingga menambah pendapatan keluarga dan dapat lebih mandiri.

Dalam rangkaian acara juga dilaksanakan penyerahan sertifikat CBIB (Cara Budidaya Ikan yan Baik) kepada 5 pokdakan yaitu al falah, Sahara, Surya Fajar, Mina Sejahtera dan Permata Farm. Kelima pokdakan tersebut lolos dalam tim uji dan verifikasi Kementrian Kelautan Perikanan RI, yang dilakukan pada Bulan Januari 2016. Pelatihan berlangsung dengan lancar dan disimak secara antusias terbukti dengan banyaknya tanggapan dan pertanyaan dari peserta, acara juga diselingi dengan pemberian doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari nara sumber. (msp)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Tinggalkan komentar