Pemberdayaan Masyarakat Dan Pengawasan Dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan 2014

Pemberdayaan Masyarakat Dan Pengawasan Dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan 2014

Print Friendly, PDF & Email

Kabupaten Pamekasan adalah salah satu Kabupaten di Pulau Madura atau “Pulau Garam” yang memiliki dua sisi wilayah pesisir utara dan selatan. Wialayah utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan wilayah selatan menghadap langsung dengan selat Madura dengan pantai yang lebih landai,. Dua wilayah pesisir ini sama-sama mempunyai potensi strategis yang dapat menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat di wilayah tersebut baik sebagai nelayan maupun sebagai petani garam, dan kegiatan perekomian yang terkait secara langsung atau tidak langsung dalam pemanfaatan sumberdaya laut dan pesisir.

Kelangsungan produktifitas sumberdaya laut dan pesisir sangat di dukung oleh kondisi ekosistem pesisir yang baik dan alami yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan biota laut baik secara langsung maupun tidak langsung di wilayah pesisir. Sumber daya alam dan keanekaragaman hayati tersebut perlu dikelola secara terkoordinasi dan terpadu dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. Infra strukrutur wilayah pesisir sangat penting artinya untuk di maksimalkan dalam rangka mempermudah akses para nelayan baik dalam rangka mengoptimalisasi penangkapan maupun dalam rangka meningkatkan produksi dan pemasaran hasil perikanan.
Dalam rangka mewujudkan pemberdayaan masyarakat pesisir yang berdaya dan produktif perlu adanya upaya-upaya pemberdayaan masyarakat pesisir yang efektif dan berkesinambungan baik berupa peningkatan sumberdaya manusia. Perbaikan lingkungan dan perbaikan ekosistem wilayah pesisir.

Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Pamekasan telah berupaya membangun sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam wilayah pesisir dengan berbagai macam kegiatan diantaranya :

  1. Pendamping Pelayanan Usaha dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir / Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR)
  2. Rehabilitasi Vegetasi Pantai
  3. Rehabilitasi Jalan Lingkungan di Desa branta Tinggi
  4. Rehabilitasi Jalan Lingkungan di Desa Tanjung

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Meningkatkan sumberdaya masyarakat pesisir dengan peningkatan kesejahteraan petambak garam serta meningkatkan akses terhadap permodalan, pemasaran, informasi, serta ilmu pengetahuan dan teknologi bagi petambak garam rakyat
  2. Meningkatkan kesadaran masyarakat unutk turut berperan serta dalam menjaga kelestarian ekosisstem mangrove
  3. Infra strukrutur wilayah pesisir sangat penting artinya untuk di maksimalkan dalam rangka mempermudah akses para nelayan baik dalam rangka mengoptimalisasi penangkapan maupun dalam rangka meningkatkan produksi dan pemasaran hasil perikanan.

BENTUK KEGIATAN

  1. Pendampingan Kegiatan bagi Petani Garam Penerima program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir.
  2. Penanaman 40.000 bibit mangrove di Desa Majungan Kecamatan Pademawu Pamekasan.
  3. Rehabilitasi Jalan Lingkungan di Dusun Gedongan Desa Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Pamekasan Berupa Pengaspalan jalan, Rabat beton, Pembuatan Gorong Gorong dan Plengsengan.
  4. Rehabilitasi Jalan Lingkungan di Dusun Kotasek Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Pamekasan, berupa Pengaspalan Jalan dan Plengsengan.

Dokumentasi

Tinggalkan komentar