Rehab Los Pembibitan Rumput Laut Desa Tanjung 2017

Rehab Los Pembibitan Rumput Laut Desa Tanjung 2017

Print Friendly, PDF & Email

Desa Tanjung merupakan salah satu dari 6 Desa di Kecamatan Pademawu yang memiliki potensi budidaya laut. Kondisi perairannya relatif tenang, dan masih bebas dari pencemaran serta bukan merupakan wilayah perairan yang dilalui lalu lintas kapal nelayan jadi sangat cocok untuk dilakukan usaha budidaya laut seperti budidaya rumput laut.
Budidaya rumput laut sebenarnya sudah sejak tahun 2008 dilakukan oleh para nelayan sebagai mata pencaharian alternatif. Saat ini jumlah pembudidaya rumput laut di Desa tanjung sebanyak 227 orang dengan produksi rumput laut mencapai 210,5 ton (rumput laut kering). Potensi lahan budidaya laut di Desa Tanjung sebesar 3.400,5 Ha, namun baru dikelola seluas 5,82 Ha saja. Jika potensi lahan yang ada dimanfaatkan secara optimal maka potensi produksi rumput laut diprediksi bisa mencapai 50.000 kg (rumput laut kering).

Usaha budidaya rumput laut sangat diminati oleh masyarakat pesisir di Desa tanjung hingga sekarang, karena teknik budidayanya mudah, masa budidaya relatif singkat dan banyak menyerap tenaga kerja terutama ibu-ibu pada saat pengikatan bibit dan panen, oleh karena itu usaha budidaya rumput laut di Desa Tanjung bisa dikatakan menjadi salah satu penggerak ekonomi Desa.

Sebagai salah satu penggerak utama perekonomian di Desa Tanjung kecamatan Pademawu, usaha budidaya rumput laut perlu dikembangkan utamanya dalam peningkatan produksi melalui penyediaan sarana pendukung dan infrastrukturnya. Salah satu sarana pendukung aktifitas usaha budidaya rumput laut di Kecamatan Pademawu yang saat ini mengalami kerusakan adalah Los Pembibitan Rumput Laut. Bangunan los pembibitan rumput laut digunakan sebagai tempat pengikatan bibit rumput laut yang akan ditanam serta untuk membuat rakit sebagai media budidaya, mengingat sangat pentingnya fungsi los pembibitan rumput laut bagi pembudidaya rumput maka rehabilitasi los pembibitan rumput laut perlu dilakukan.

Kegiatan Rehab Los Pembibitan Rumput Laut di desa Tanjung sebesar Rp.154.715.000,- yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi rumput laut dan tersedianya los pembibitan rumput laut yang nyaman dan kondusif.

Los Pembibitan Rumput Laut Sebelum Rehab
Proses Rehab Los Pembibitan Rumput Laut
Proses Rehab Los Pembibitan Rumput Laut
Rehab Los Pembibitan Rumput Laut Selesai
Rehab Los Pembibitan Rumput Laut Mulai Digunakan

Tinggalkan komentar