Rehabilitasi Vegetasi Mangrove 2014

Rehabilitasi Vegetasi Mangrove 2014

Print Friendly, PDF & Email

Ekosistem mangrove merupakan salah satu ekosistem pesisir yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan biota lainnya secara langsung maupun tidak langsung di wilayah pesisir. Secara biologis mangrove tumbuh di pantai yang landai dengan kondisi tanah yang berlumpur atau berpasir. Mangrove akan tumbuh lebat pada pantai yang lebat pada pantai yang berdekatan dengan muara sungai atau delta sungai yang membawa aliran sungai sebagai suplai air tawar yang juga sangat membantu pada keberlangsungan pertumbuhan ekosistem mangrove.

Sifat bologis mangrove yang tumbuh di kawasan peralihan antara daratan dan lautan tersebut menyebabkan keberadaan ekosistemnya terancam dan cenderung rentan terhadap gangguan atau kerusakan. Secara alami, kerusakan ekosistem mangrove sangat jarang terjadi, namun kerusakan ekosistem mangrove pada umumnya disebabkan oleh aktifitas manusia, seperti penebangan pohon mangrove dan reklamasi pantai.

Kerusakan ekosistem mangrove secara tidak langsung dapat mengurangi nilai manfaat dan fungsi dari hutan mangrove sebagai pencegah abrasi dan mengganggu keberlangsungan biota-biota lain yang hidup berkoloni dalam ekosistem mangrove.

Permasalahan tersebut sangat membutuhkan upaya rehabilitasi sebaga usaha dalam penanganan dan penanggulangan guna mengatasi kerusakan ekosistem mangrove, sehingga akan tercipta kelestarian dan keberlangsungan, baik dari ekosistem hutan maupun siklus biologi dari biota yang hidup di sekitar mangrove dan tercipta keseimbangan ekosistem mangrove.

Maksud dan tujuan dari kegiatan Rehabilitasi Kawasan Mangrove ini adalah :
a. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut berperan serta dalam menjaga kelestarian mangrove
b. Rehabilitasi ekosistem perairan pantai yang ramah lingkungan
c. Melaksanakan penanaman 40 ribu bibit mangrove
d. Meningkatkan kualitas lingkungan pantai

Bentuk kegiatan Rehabilitasi Kawasan Mangrove meliputi :
Penanaman 40.000 bibit mangrove dengan ajir dan diikat oleh tali rafia, dilaksanakan di Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Pagu Anggaran kegiatan Rehabilitasi Kawasan Mangrovesebesar Rp. 200.000.000,-kegiatan ini sudah selesai 100% dengan nilai kontak sebesar Rp. 196.000.000,-.

Tinggalkan komentar