Sosialisasi dan Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Patin Tahun 2016

Print Friendly, PDF & Email

Kegiatan Membudayakan Makan Ikan yang dikemas dalam Acara Sosialisasi dan Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Patin dengan acara pendukung yaitu Pasar Ikan Segar dan Bazar Produk Perikanan dan Kelautan berlangsung cukup lancar. Semua siswa/i peserta sosialisasi hadir dalam acara tersebut dan menghadiri acara dengan penuh semangat dan antusias, meskipun matahari cukup terik saat itu. Peserta berasal dari SDN Barkot I, Barkot III, Barkot V dan SDN Jungcancang V. Dengan dipandu oleh panitia, seluruh peserta termasuk guru pendamping bersemangat berlatih menyanyikan lagu Gemar Makan Ikan yang telah diajarkan sebelumnya kepada Siswa sembari menunggu Kedatangan Ibu Ketua FORIKAN untuk membuka acara. Sementara Peserta Lomba Cipta Menu berbahan dasar Ikan sudah mulai menyiapkan menu yang akan disajikan untuk dinilai oleh tim Juri sejak pukul 07.00 WIB pagi. Acara Sosialisasi dan Lomba Cipta Menu Berbahan Dasar Ikan Patin dibuka setelah Ketua Forikan Ibu Anny Syafii datang bersama rombongan didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan. Kedatangan ibu Ketua Forikan beserta rombongan disambut dengan menyanyikan lagu Gemar Makan Ikan oleh siswa/i Sekolah Dasar sebagai peserta sosialisasi.

Ibu Ketua Forikan sebelum membuka acara juga sempat mengunjungi Pasar Ikan segar dan Bazar Produk Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan.

Dilanjutkan dengan Pembacaan Laporan Oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan sebagai penyelenggara. Dalam Laporan tersebut, Kadiskanlut menjelaskan bahwa terjadi perubahan slogan dari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) menjadi Membudayakan Makan Ikan berdasarkan hasil rapat koodinasi FORIKAN JAWA TIMUR tanggal 19 Agustus 2015 di Provinsi Jawa Timur mengingat komoditas ikan telah masuk kedalam salah satu barang kebutuhan pokok dan barang penting berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan Dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok Dan Barang Penting. Sedangkan dalam sambutannya, Ketua Forikan Ibu Anny Syafii menjelaskan bahwa Kegiatan Membudayakan Makan Ikan yang merupakan kelanjutan dari Program Gemarikan harus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Ketua Forikan juga menyambut positif adanya Lomba Cipta Menu berbahan dasar ikan patin karena dapat menambah variasi menu olahan ikan. Setelah acara dibuka oleh Ketua Forikan, kegiatan sosialisasi dimulai dengan narasumber berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan. Sementara itu penilaian lomba cipta menu kembali dilanjutkan. Tim Juri inti berasal dari Tenaga Ahli SMKN 3, Tenaga Ahli Tim Penggerak PKK dan Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan. Sedangkan Juri untuk menilai Menu Favorit adalah Ibu Bupati Ny. Anny Syafii didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ibu Ir. Nurul Widiastuti.

Dari hasil penilaian Tim Juri, yang keluar sebagai Juara Menu Keluarga berasal dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Kadur, Juara II dan III dari Desa Buddagan. Sedangkan untuk Menu Kudapan pemenangnya adalah PKK Kecamatan Galis. Hadiah untuk juara I berupa Kulkas, Juara II mendapatkan Magic com, Juara III mendapatkan Kompor Gas/dispenser kecil. Sedangkan pemenang juara favorit juga berasal dari Kecamatan Galis dengan menu andalan Es Cendol Patin. Pemenang Juara Favorit mendapatkan hadiah Dispenser.

Kegiatan Membudayakan Makan ikan tersebut juga disponsori oleh Pihak Yamaha dengan Event Organizer Cahaya Nusantara sebagai media perantara. Kegiatan tersebut juga dipublikasikan melalui media Radar Madura, JTV, Radio Karimata dan Suara Pamekasan.

Tinggalkan komentar