Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan 2017

Sosialisasi Membudayakan Makan Ikan 2017

Print Friendly, PDF & Email

Kegiatan Membudayakan Makan Ikan yang merupakan acara rutin tahunan Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan dilaksanakan hari Selasa, 26 September 2017 di Kecamatan Pegantenan. Kegiatan Membudayakan Makan Ikan semakin digalakkan menyusul dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 dengan program GERMASS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan salah satu pointnya agar Gerakan Ayo Makan Ikan semakin disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat. Pada tahun ini sasaran diprioritaskan untuk anak usia sekolah dan TP PKK.

Acara dikemas dalam bentuk sosialisasi manfaat ikan oleh narasumber dr Dinas Kesehatan bapak Doni serta acara lomba menggambar dan mewarnai ikan dari perwakilan 4 sekolah (SDN Palesanggar 1, Pegantenan 1, 2 dan 3 atas rekomendasi kepala UPT cabang Dinas Kecamatan Pegantenan) selain itu acara juga didukung oleh penampilan kreasi dr siswa/i dan pembagian doorprize.

Jumlah peserta sebanyak 192 anak, 8 guru pendamping, 23 TP PKK dan 2 orang dari puskesmas serta undangan dan panitia dengan total 250 orang. Hadir bapak camat Pegantenan, ibu ketua TP PKK Kec. Pegantenan sekaligus membuka acara, Kepala Dinas Perikanan yang dalam hal ini diwakili Sekretaris, Kepala UPT Cabang Dinas, serta bapak ibu kepala sekolah masing-masing SDN.

Dalam sambutannya Bapak Sekretaris yang mewakili Kepala Dinas Perikanan menyampaikan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan menuju generasi sehat, cerdas dan kuat sebagaimana instruksi Presiden. Pada tahun 2016 tingkat konsumsi ikan Kabupaten Pamekasan sebesar 34,97 kg/kpt/th.

Sedangkan ibu ketua TP PKK yang juga mewakili Camat Pegantenan selaku tuan rumah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Membudayakan Makan Ikan di Kecamatan Pegantenan dan siap meneruskan semangat mengkonsumsi ikan ke seluruh masyarakat.

Pemenang lomba menggambar dan mewarnai adalah:
Juara 1, 2 dan diborong oleh SDN Pegantenan 1
Juara favorit oleh SDN Pegantenan 2
Dan SDN Palesanggar 1
Sedangkan pemenang paling kreatif diraih SDN Pegantenan 3

Para pemenang mendapatkan hadiah berupa tas, kotak pensil dan bingkisan menarik lainnya. Masing2 sekolah serta TP PKK mendapatkan cinderamata berupa souvenir olahan ikan dan roll banner manfaat ikan sebagai bentuk harapan Dinas Perikanan agar informasi mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan dapat disebarluaskan ke seluruh anak didik, para guru dan masyarakat.

Acara ditutup pada pukul 10.30 setelah penyerahan hadiah dan penampilan kreasi dari peserta.

Tinggalkan komentar