Sosialisasi Teknik Budidaya Lele Intensif Sistem Boster

Sosialisasi Teknik Budidaya Lele Intensif Sistem Boster

Print Friendly, PDF & Email

Upaya Dinas Perikanan Kab. Pamekasan untuk optimalisasi paket percontohan budidaya lele intensif

Pada hari senin tanggal 9 Oktober 2017 telah dilaksanakan ”Sosialisasi Teknik Budidaya Lele Sistem Intensif” bertempat di Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan. Acara tersebut dihadiri oleh 10 orang penerima paket percontohan dan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan). Adapun nara sumber didatangkan langsung dari PT. Indosco Dwi Jaya Sakti Sidoarjo yang merupakan penemu teknik budidaya lele intensif sistem Boster. Acara dimulai tepat pukul 9 pagi dan berakhir pukul 14.00 wib. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk lebih mematangkan lagi wawasan pembudidaya penerima paket percontohan untuk melaksanakan paket percontohan budidaya lele intesif.

Materi yang disampaikan difokuskan pada tahapan-tahapan dan SOP budidaya lele sistem boster, mulai dari persiapan media, fermentasi media untuk menumbuhkan planton, manajemen pakan dan grading. Setiap penjelasan dijabarkan secara detail agar pembudidaya tidak bingung pada saat menerapkan di lapangan.

Kegiatan paket percontohan ini dilatarbelakangi karena usaha budidaya lele yang mulai diminati oleh masyarakat Pamekasan, dengan pertimbangan diantaranya : kondisi perairan sangat sesuai secara teknis, teknologinya mudah dilakukan, sarana dan prasarana mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau, pangsa pasar masih terbuka luas, dan harga relatif tinggi. Saat ini terdata kurang lebih 331 orang pembudidaya lele, namun dari sekian banyak pembudidaya lele tersebut 90% masih menggunakan sistem tradisional dengan padat tebar 100-200 ekor/m2. Hanya sedikit yang menerapkan sistem intensif dengan padat tebar diatas 250 ekor/m2.

Minimnya minat pembudidaya ikan lele di kabupaten Pamekasan untuk menerapkan sistem intensif, karena pembudidaya lele di Kabupaten Pamekasan masih minim pengetahuan tentang teknik budidaya sistem intensif, selain itu penerapan sistem intensif dalam budidaya ikan membutuhkan modal tambahan sehingga pembudidaya ikan enggan mencoba karena takut gagal. Oleh karena itu perlu dilakukan percontohan budidaya ikan lele sistem intensif. Paket percontohan budidaya ikan lele sistem intensif diharapkan dapat memberikan inspiratif agar para pembudidaya ikan mau mencoba budidaya lele sistem intensif.
 

Tinggalkan komentar