Workshop pembuatan pakan mandiri 2017

Workshop pembuatan pakan mandiri 2017

Print Friendly, PDF & Email

Sejalan dengan pencanangan Gerakan Pakan Mandiri (GERPARI) yang merupakan salah satu program prioritas Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan,  upaya penguatan sekaligus pemberdayaan petani ikan kembali dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan melalui workshop pembuatan pakan madiri yang digelar di dua lokasi yang berbeda. Tepatnya, di  wilayah pamekasan bagian utara dan bagian selatan pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 18 – 19 April 2017.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 200 pembudidaya ikan, baik yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) maupun petani ikan mandiri yang berada di berbagai wilayah pamekasan. Kegiatan hari pertama bertempat di rumah bapak Sanadi, Ketua Pokdakan Pelangi, desa Tampojung Tenggina, kecamatan Waru. Selang sehari berikutnya, workshop pembuatan pakan mandiri kembali digelar di Aula BBI Teja Timur, desa Teja Timur, kecamatan Pamekasan.

Untuk mewujudkan kemandirian dan mengurangi ketergantungan petani dan pembudidaya ikan terhadap pakan pabrikan yang harganya relatif mahal dan cenderung fluktuatif, bapak Hendan Muharyanto, S.Pi, narasumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menyajikan beberapa teknik dan trik-trik praktis pembuatan pakan yang sesuai dengan kebutuhan segala jenis ikan. Para peserta yang tampak intens mengikuti workshop ini, juga secara langsung melakukan praktek pembuatan pakan serta cara-cara menyusun formulasi pakan.

Pada kesempatan tersebut, narasumber sangat menekankan  agar dalam membuat pakan, pembudidaya mau bergabung dalam kelompok pembuat pakan serta  memanfaatkan berbagai bahan baku lokal yang ada sehingga efisiensi usaha tercapai.

Dokumentasi Workshop Pembuatan Pakan Mandiri 18 April 2017



Dokumentasi Workshop Pembuatan Pakan Mandiri 19 April 2017



Tinggalkan komentar